PRO- T- IN ISLAM

KOMUNITAS PARA PEMBELA TAUHID

Jumat, 06 Juli 2012

Petunjuk Nabi Dalam Mengerjakan Shalat Malam

Nabi r  tidak pernah meninggalkan shalat malam baik pada saat muqim atau pada saat bepergian. Dan jika tertidur atau sakit (sehingga tidak bisa melaksanakan shalat malam) maka beliau melaksanakannya dua belas raka’at pada waktu siang. Beliau menganjurkan untuk melaksakan shalat witir seperti disebutkan dalam sabdanya : ”Berwitirlah kalian sebelum tibanya waktu pagi”. (HR Muslim)
·  Beliau tidak melaksanakan shalat malam lebih dari sebelas raka’at, dan melaksanakan shalat malam tiga belas raka’at karena ditambah dengan dua raka’at shalat sunnah fajar sebagaimana disebutkan oleh Muslim dalam kitabnya. ‘Aisyah radhiallahu anha berkata : “Rasulullah r melaksanakan shalat malam sepuluh raka’at dan witir dengan satu raka’at lalu mendirikan shalat sunah dua raka’at sebelum fajar, maka jumlahnya menjadi tigabelas raka’at”. (HR. Muslim)   
·         Beliau juga pernah melakukan shalat delapan raka’at dan witir tiga raka’at dan dua raka’at sebelum fajar. Dalam sebuah riwayat diterangkan : “Kemudian beliau shalat dua raka’at, kemudian dua raka’at, kemudian dua raka’at,  kemudian dua raka’at, kemudian dua raka’at,  kemudian dua raka’at, kemudian barulah beliau melaksanakan witir, lalu berbaring sehingga mua’zin datang, lalu beliau bangkit dan mengerjakan shalat dua raka’at yang ringan, kemudian barulah beliau keluar untuk menunaikan shalat subuh”. (HR. Bukhari)

Petunjuk Nabi r Tentang Tata Cara Shalat Malam

·    Saat bangun tidur beliau mengawali dengan bersiwak lalu membaca do’a bangun tidur, lalu bersuci dan melaksanakan shalat dua raka’at yang ringan sebagaimana di sebutkan dalam shahih muslim. Dan beliau memerintahkan umatnya untuk mengerjakan hal tersebut, sebagaimana disebutkan di dalam riwayat Abu Hurairah radhiallahu anhu, beliau bersaba : “Apabila salah seorang di antara kalian bangkit dari tidurnya maka hendaklah ia memulai shalatnya dengan dua raka’at yang ringan”(HR. Muslim)
·    Terkadang beliau bangun saat pertengahan malam, atau sesaat sebelum atau sesudahnya. Terkadang juga beliau terbangun ketika mendengar ayam berkokok. Sebagaimana dijelaskan dalam riwayat Ibnu Abbas saat ia menginap di rumah Nabi r.
· Terkadang beliau memutuskan bacaan wiridnya atau terkadang pula menyambungnya dan inilah kebiasaan yang paling banyak dilakukan. Beliau memutuskan wirid tersebut untuk beristrahat terlebih dahulu, lalu bangkit dan membaca do’a bangun tidur seperti bacaan saat pertama bangun. Saat terbangun dari tidurnya beliau membaca sepuluh ayat terakhir dari surat Ali Imran, beliau melakukan hal tersebut enam kali dan mendirikan shalat pada setiap kali bangkit dari tidur setelah bersiwak, berwudhu’, dan membaca ayat (sepuluh ayat terakhir surat Ali Imran) kemudian melakukan shalat witir tiga raka’atApabila azan shalat telah dikumandangkan beliau segera menuju shalat sambil membaca:
اللّهُمَّ اجْعَلْ فِي قَلْبِي نُوْرًا وَفِي لِسَانِي نُوْرًا وَاجْعَلْ فِي سَمْعِي نُوْرًا وَاجْعَلْ فِي بَصَرِي نُوْرًا وَاجْعَلْ مِنْ خَلْفِي نُوْرًا وَمِنْ أَمَامِي نُوْرًا وَاجْعَلْ مِنْ فَوْقِي نُوْرًا وَمِنْ تَحْتِي نُوْرًا اَللّهُمَّ اعْطِنِي نُوْرًا
“Ya Allah jadikanlah di dalam hatiku cahaya, pada lisanku cahaya, jadikanlah dalam pendengaranku cahaya, jadikanlah pada pengelihatanku cahaya, jadikanlah dari sebelah belakangku cahaya, dari arah depanku cahaya, dan jadikanlah di atasku cahaya dan dari sebelah bawahku cahaya dan berikanlah kepadaku cahaya”. (HR. Muslim)
·     Banyak sekali tuntunan beliau saat bangun malam, di antaranya riwayat yang disebutkan oleh Ibnu Abbas. Dan yang lain seperti riwayat yang disebutkan oleh Aisyah bahwasanya beliau membuka shalatnya dengan dua raka’at yang ringan kemudian menyempurnakannya menjadi sebelas raka’at, beliau salam pada setiap dua raka’at dan melaksanakan witir satu raka’at.
·        Beliau juga mengerjakan shalat malam tigabelas raka’at.
·      Beliau shalat dengan delapan raka’at dan salam pada setiap dua raka’atnya, lalu mengerjakan shalat witir lima raka’at sekaligus, dan tidak melakukan duduk tasyahhud kecuali pada raka’at yang terakhir. (HR. Muslim)
· Beliau terkadang mengerjakan shalat sembilan raka’at; delapan raka’at sekaligus, lalu beliau bangkit dari duduknya (setelah sujud) pada raka’at kedelapan setelah membaca bacaan tertentu, memuji Allah dan membaca do’a-do’a (tertentu) pada raka’at tersebut. Beliau bangkit untuk melaksanakan raka’at kesembilan kemudian duduk dan bertasyahhud lalu salam. Kemudian barulah beliau shalat dua raka’at secara duduk setelah salam. (HR. Muslim)
·     Beliau juga melaksanakan shalat malam tersebut dengan tujuh raka’at seperti cara yang beliau lakukan pada saat mengerjakannya sembilan raka’at, lalu melaksanakan shalat dua raka’at secara duduk.
· Beliau juga melaksanakan shalat malam dua raka’at-dua raka’at dan mengerjakan witir tiga raka’at sekaligus tanpa memisahkan tiga raka’at tersebut. (HR.Ahmad)
·         Shalat malam beliau dikerjakan dalam tiga cara :
1-Shalat secara berdiri, dan inilah yang paling sering dilakukan.
2-Terkadang beliau sahalat secara duduk dan ruku’ dengan duduk pula.
3-Terkadang, saat membaca surat beliau membacanya secara duduk, lalu saat bacaan tersebut tersisa sedikit beliau bangkit berdiri.
Ketiga cara ini pernah dikerjakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaih wasallam sebagaimana disebutkan dalam riwayat-riwayat yang shahih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar