PRO- T- IN ISLAM

KOMUNITAS PARA PEMBELA TAUHID

Jumat, 06 Juli 2012

Petunjuk Nabi di Dalam Ramadhan


·         Di antara petunjuk beliau (pada bulan ramdhan) adalah memperbanyak berbagai macam ibadah, beliau adalah orang paling dermawan dan puncak kedermawanan beliau tampak di bulan ramadhan. (HR. Bukhari dan Muslim)
  ·         Pada bulan ramadhan beliau memperbanyak bershedeqah, membaca al-qur’an, shalat, berzikir, membaca al-qur’an dan beri’tikaf.
·         Beliau melakukan buka puasa sebelum melakukan shalat magrib, hidangan buka puasa beliau adalah beberapa biji kurma, jika tidak ada maka dengan ruthab (kurma yang baru matang), namun jika tidak ada maka dengan dengan beberapa teguk air. (HR.Ahmad dengan sanad yang kuat)
·         Diriwayatkan bahwa di antara do’a yang beliau ucapkan saat berbuka adalah:
 اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلىَ رِزْقِكَ أَفْطَرْتُْ
(Ya Allah, hanya karena-Mulah aku berpuasa, dan dengan rizkiMu lah aku berbuka  puasa”. (HR. Abu Dawud)
·         Setelah berbuka beliau mengucapkan:
 ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ َشاءَ اللهُ
(Hilanglah rasa dahaga, telah basah urat-urat dan pahala telah ditetapkan insya Allah)
·         Rasulullah r pernah melakukan safar pada bulan ramadhan, saat itu beliau terkadang berpuasa dan terkadang pula tidak berpuasa, dan memberikan kebebasan kepada para shahabat untuk memilih antara kedua perkara tersebut.
·         Di antara petunjuk beliau saat waktu fajar telah datang sementara beliau dalam keadaan junub selepas mendatangi istri adalah mandi setelah fajar dan tetap berpuasa. (HR. Bukhari dan Muslim)
·         Beliau terkadang mencium istrinya saat sedang berpuasa pada bulan ramadhan. (HR. Bukhari dan Muslim)
·         Beliau juga bersiwak pada saat berpuasa.
·         Beliau pernah menuangkan air di atas kepala beliau saat berpuasa karena kehausan atau kepanasan. (HR. Ahmad dengan sanad yang shahih)

Petunjuk Nabi r Dalam Melaksanakan Puasa Sunah
·         Beliau tidak pernah berpuasa satu bulan penuh kecuali pada bulan ramadhan, dan tidak pula berpuasa dalam bulan tertentu yang lebih banyak dari bulan sya’ban. (HR. Bukhari dan Muslim)
·         Beliau tidak melewati bulan apapun kecuali berpuasa padanya.
·         Beliau menjaga puasa pada hari senin dan kamis. (HR. Tirmidzi dan yang lainnya dengan sanad yang shahih)
·         Beliau berpuasa tiga hari pada setiap bulan (HR. Abu Dawud dan Turmudzi dengan sanad yang hasan) tanpa menghiraukan pada bulan apakah ia melaksanakannya. (HR. Ahmad)
·         Beliau tidak pernah meninggalkan puasa Asy-Syura, puasa pada sepuluh hari (pertama) bulan zulhijjah, puasa tiga hari pada setiap bulan dan dua raka’at shalat fajar. (HR. Ahmad)
·         Di antara petunjuk beliau adalah tidak berpuasa pada hari Arafah saat berada di Arafah.
·         Terkadang beliau menghampiri keluarga beliau dan bertanya: “Apakah kalian mempunyai makanan?”. Jika mereka mengatakan: “Tidak ada”, maka beliau menjawab: “Saya akan berpuasa hari ini”. Maka beliau memulai niat puasa sunnah pada siang harinya. (HR. Muslim)
·         Terkadang beliau berniat puasa sunnah lalu membatalkan puasanya. (HR. Muslim)
·         Apabila beliau mengunjungi suatu kaum, maka beliau menyempurnakan puasanya dan tidak berbuka. (HR. Bukhari)
·         Di antara petunjuk beliau adalah tidak senang mengkhususkan hari jum’at dengan berpuasa baik secara perbuatan dan anjuran perkataan. (HR. Bukhari dan Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar