PRO- T- IN ISLAM

KOMUNITAS PARA PEMBELA TAUHID

Kamis, 10 Januari 2013

KEMAMPUAN YANG DIBUTUHKAN DALAM JIHAD

perlu dipahami bahwa semua yang akan kami paparkan di sini adalah dalam konteks jihad di negri ini. Jadi semua mulai dari kemampuan yang harus disiapkan,persiapan, rekrutmen, dst dst adalah berlaku di negri ini dimana perangnya adalah perang di wilayah musuh dengan taktik gerilya kota.


Kemampuan atau skill individu yang kita butuhkan untuk berjihad di negri ini tentu berbeda dengan yang dibutuhkan di bumi jihad yang lain. Semua memiliki karakteristik dan kekhasan masing-masing. Dan tentunya juga bekaitan dengan bentuk amaliyah atau strategi amaliyah yang akan dikerjakan. Tapi secara umum kemampuan-kemampuan berikut ini adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang mujahid.
1. fisik yang sehat, yang mampu melakukan perjalanan jauh baik dengan kendaraan pribadi maupun umum. (mampu mengendarai motor -minimal-, atau mobil jika mampu, dan mampu berjalan kaki dalam jarak dan waktu yang panjang). Hal ini sangat berguna dalam setiap tahapan amaliyah.

2. cerdik, tangkas, dan tanggap dalam mengambil tindakan yang dibutuhkan di lapangan.

3. Mampu mengenali musuh di setiap tempat yang mungkin dijumpai di perjalanan dan menganalisa bagaimana cara menyembunyikan diri darinya tanpa adanya kecurigaan dari musuh tsb
4. mudah beradaptasi dengan lingkungan maupun rekan kerja dan dapat bekerja secara tim maupun personal.
5. Kemampuan dalam berwirausaha, minimal bisa menjual seseuatu atau memproduksi sesuatu yang mudah untuk dijual. Ini akan sangat beguna untuk kamuflase atau kover dalam menjalankan sebuah misi.
6. Mampu meninggalkan keluarga, artinya keluarganya bisa bertahan dan melanjutkan hidup tanpa kehadirannya. Namun sebenarnya ini hanya berlaku pada personal yang memang harus meninggalkan keluarganya ketika bertugas.
Tapi alangkah baiknya jika semua personal pun punya kemampuan ini, karena akan sangat meringankan beban jihad. Sebagai persiapan kejadian tak terduga yang menjadi resiko dari sebuah amaliyah.
Kemampuan atau keahlian seperti keahlian beladiri, menggunakan senjata, chemical engineering, dsb tidak kami masukkan dalam kriteria di atas karena itu adalah keahlian khusus yang andai tidak mendapatkan personal yang memiliki kemampuan tsb jihad masih bisa bejalan karena hal-hal itu bisa dipelajari dalam perjalanan. Dan juga keahlian seperti itu dibutuhkan atau tidaknya tergantung dari amaliyah yang mau dikerjakan.
Namun kelima kemampuan dasar di atas sangat diperlukan dalam setiap tahapan amaliyah di segala posisi (baik mulai amir sampai yang paling kecil) dan dalam setiap bentuk amaliyah di negri ini. Hatta ketika ingin berjihad seorang diri sekalipun, hal di atas mutlak untuk dipersiapkan. Untuk poin yang ke-enam pada awal proyek amaliyah masih belum begitu diperlukan, namun cukup penting untuk dipersiapkan dari awal
Allohul Musta'an

Tidak ada komentar:

Posting Komentar