PRO- T- IN ISLAM

KOMUNITAS PARA PEMBELA TAUHID

Selasa, 08 Januari 2013

pengenalan singkat apa itu din, millah, madzhab, manhaj, jama'ah, majlis, harakah, tandhim, firqah, thaifah

1. Din:Allah SWT berfirman dalam Al Qur'an
 إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلَّا مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ وَمَنْ يَكْفُرْ بِآيَاتِ اللَّهِ فَإِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ (19
Sesungguhnya agama (yang diridai) di sisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab {1} kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barang siapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya.
{1}Maksudnya ialah kitab-kitab yang diturunkan sebelum Al Qur'an. (QS. 3:19)
( لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ (6
Dan untuk Anda Din Anda dan untuk saya din Saya. (QS. 109:6)
Pada dua ayat di atas menyoroti penggunaan kata Din, yang berarti agama atau cara hidup. Pada Ayat Pertama kita melihat bahwa Din yang diterima oleh Allah (SWT) adalah Islam. Pada ayat kedua kita melihat sebuah sikap bahwa setiap manusia memiliki din masing-masing.
Karena itu, (Din lain) seperti Yahudi, Kristen, paganisme, Buddhisme dll akan ditolak dan semua amal-amal mereka
Din adalah sebuah sistem atau cara hidup  manusia untuk menyembah Tuhan Mereka dengan sebuah syarat khusus (dalam islam syahadat) dan kitab ajaran tersendiri (islam Al Qur'an) sehingga dibedakanlah diantara mereka.

2. Millah: Allah (SWT) berfirman dalam Al Qur'an
وَجَاهِدُوا فِي اللَّهِ حَقَّ جِهَادِهِ هُوَ اجْتَبَاكُمْ وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ مِلَّةَ أَبِيكُمْ إِبْرَاهِيمَ هُوَ سَمَّاكُمُ الْمُسْلِمِينَ مِنْ قَبْلُ وَفِي هَذَا لِيَكُونَ الرَّسُولُ شَهِيدًا عَلَيْكُمْ وَتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَاعْتَصِمُوا بِاللَّهِ هُوَ مَوْلَاكُمْ فَنِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيرُ (78)
Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) "MILLAH" orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, {1} dan (begitu pula) dalam (Al Qur'an) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.(QS 22:78)
{1}Maksudnya: dalam kitab-kitab yang telah diturunkan kepada nabi-nabi sebelum Nabi Muhammad saw.
Firman Allah (SWT)  dalam ayat ini, bahwa kita pada Millah sama Ibrahim (as); karena seorang Muslim adalah orang yang menyerahkan dan mengikuti bimbingan dari Allah (SWT). Dalam Al Qur'an, Allah (SWT) menggunakan istilah Millah, untuk atribut cara berpikir masyarakat sesuai dengan Nabi Yang diutus
Karena itu, kita menemukan contoh Millat ul-Ibrahim yaitu jalan Ibrahim (as). Sebagai muslim, kita pada Millah Ibrahim (as) dalam Tauhid, dan atas Millah Muhammad (saw), Utusan terakhir dari Allah (SWT), tunduk pada perintah-perintah yang dibawa oleh Islam.
Millah: adalah cara pandang atau pemahaman seseorang atas sesuatu yang diukur menurut pemahaman mereka secara individu semata, inilah yang menyebabkan seseorang yang mempunyai din berbeda bisa mempunyai "MILLAH" yang sama hingga sesuai ayat di atas bahwa yahudi dan nashrani tidak akan ridha sebelum umat islam mempunyai "MILLAH" yang sama dengan mereka, jadi perlu diketahui sungguh sangat sulit untuk memaksa umat islam meninggalkan DIN mereka sehingga akhirnya bagi Yahudi dan Nashrani ataupun mungkin kafir2 lainnya tidak lagi memaksakan atas perpindahan din tapi lebih halus membujuk secara "millah", jadi biar saja "DIN" nya islam tapi pemahamannya sudah spt yahudi, nashrani, dan kafir lainnya, contoh nyata dia beragama islam tapi berbaju menampakkan Aurat, dia beragama islam tapi tidak anti minum khamr, dia beragama islam tapi hidup kumpul kebo dst disini lah dibilang dia Dinnya ISLAM tapi Millahnya bukan ISLAM bukan Millah yang dibawa oleh Ibrahim as dan Muhammad SAW

3. Madzhab : berbicara madzhab dalam Ahlus Sunnah Wal Jama'aah, kita tidak akan terlepas dari 4 imam besar, Imam Abu Hanifah (rh), Imam Malik (rh), Imam Syafi'i (rh) atau Imam Ahmad (rh). Sejak madhab yang dihubungkan dengan pemahaman ulama fikih tertentu hal tertentu.
Mazhab adalah sebuah metodologi fiqih khusus yang dijalani oleh seorang ahli fiqih mujtahid, yang berbeda dengan ahli fiqih lain, yang menghantarkannya memilih sejumlah hukum dalam kawasan ilmu furu'. Sebagai contoh, jika kita mengambil perkara  menjama' dan meng qashar shalat ketika bepergian - Imam Abu Hanifah (rh) telah memfatwakan bolehnya mengqashar salat tetapi tidak dengan menjama'  sedangkan Imam Syafi'i (rh) dan a'immah lain memfatwakan akan bolehnya menjama' dan mengqashar shalat. iniah yang disebut memilih sejumlah hukum dalam kawasan ilmu furu'

4. Manhaj adalah metodologi menerima, menganalisis dan menerapkan pengetahuan.dalam ahlus sunnah maka manhaj ahlus sunnah berarti menerima, menganalisis dan menerapkan pengetahuan berdasarkan Qur'an dan hadits ... lalu apa bedanya dengan manhaj salafush shalih?Manhaj salafush shalih berarti menerima, menganalisis dan menerapkan pengetahuan berdasarkan kehidupan para salafush shalih, tindakan2 mereka dan hukum2 yang mereka ambil

5. Jama'ah adalah perorangan atau kumpulan orang yang bergabung bersama untuk tugas tertentu atau kewajiban
Sebagai contoh, kita memiliki Jamaa't ul Khilafah, yang tujuannya adalah untuk mendirikan kembali Khilafah, atau Jamaa't Jihad, yang tujuannya adalah untuk Jihad dan membebaskan tanah kaum Muslim dari pendudukan Kuffar.
Abdullah bin Masoud (ra) berkata, "Jama'aah adalah apa yang sesuai dengan ketaatan kepada Allah SWT bahkan jika Anda sendirian."

6. Majlis: berasal dari akar kata bahasa arab yang artinya tempat untuk bersandar atau tempat untuk duduk jadi ada keterikatan dengan tempatmajlis adalah sebuah tempat berkumpulnya orang2 dengan maksud yang sama, contoh: tempat berkumpulnya ulama majlis ulama, tempat berkumpulnya orang berdzikir majlis dzikir, tempat berkumpulnya orang belajar majlis taklim dst....

7. harakah adalah gerakan atau suatu kegiatan yang mendorong terwujudnya suatu tujuan, misalnya harakah islamiyyah adalah gerakan untuk mewujudkan diterapkannya nilai2 islam, harakah jihadiyyah adalah gerakan untuk mewujudkan aksi-aksi jihad dst

8.tandhim adalah bentuk wadah perserikatan dalam bahasa internasionalnya "ORGANIZATION" atau indonesianya Organisasi, tandhim Al Qaeda adalah organisasi al qaeda, dst..

9. Firqah adalah sekelompok orang yang terikat bersama-sama dengan pemahaman yang sama tentang kepercayaan
Firman Allah tentang 1 kaum diantara kaum Nabi Musa as
وَمِنْ قَوْمِ مُوسَى أُمَّةٌ يَهْدُونَ بِالْحَقِّ وَبِهِ يَعْدِلُونَ (159)
Dan di antara kaum Musa itu terdapat suatu umat yang memberi petunjuk (kepada manusia) dengan hak dan dengan yang hak itulah mereka menjalankan keadilan. {1}
{1}Maksudnya: mereka memberi petunjuk dan menuntun manusia dengan berpedoman kepada petunjuk dan tuntunan yang datang dari Allah swt. dan juga dalam hal mengadili perkara-perkara, mereka selalu mencari keadilan dengan berpedoman kepada petunjuk dan tuntunan Allah. (QS. 7:159)
Firman Allah tentang 1 kaum diantara kaum Nabi Isa as
) وَلَوْ أَنَّهُمْ أَقَامُوا التَّوْرَاةَ وَالْإِنْجِيلَ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِمْ مِنْ رَبِّهِمْ لَأَكَلُوا مِنْ فَوْقِهِمْ وَمِنْ تَحْتِ أَرْجُلِهِمْ مِنْهُمْ أُمَّةٌ مُقْتَصِدَةٌ وَكَثِيرٌ مِنْهُمْ سَاءَ مَا يَعْمَلُونَ (66)
Dan sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan (hukum) Taurat, Injil dan (Al Qur'an) yang diturunkan kepada mereka dari Tuhannya, niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka. {1} Di antara mereka ada golongan yang pertengahan. Dan alangkah buruknya apa yang dikerjakan oleh kebanyakan mereka. {2}
{1}Maksudnya: Allah akan melimpahkan rahmat-Nya dari langit dengan menurunkan hujan dan menimbulkan rahmat-Nya dari bumi dengan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan yang buahnya melimpah ruah.
{2}Maksudnya: orang yang berlaku jujur dan lurus dan tidak menyimpang dari kebenaran.(QS. 5:66)
Firman Allah tentang 1 kaum diantara kaum Nabi Muhammad SAW
وَمِمَّنْ خَلَقْنَا أُمَّةٌ يَهْدُونَ بِالْحَقِّ وَبِهِ يَعْدِلُونَ
Dan di antara orang-orang yang Kami ciptakan ada umat yang memberi petunjuk dengan hak, dan dengan yang hak itu (pula) mereka menjalankan keadilan. (QS. 7:181)
Dalam ayat ini Allah swt. menjelaskan bahwa Dia menciptakan juga suatu umat yang besar jumlahnya untuk menempati surga. Mereka terdiri atas umat-umat dan suku-suku yang berjuang untuk membimbing manusia ke jalan yang benar serta mendidik mereka berpendirian teguh. Mereka menegakkan keadilan dan kebenaran yang telah ditetapkan Allah swt. dan tidak ada pilihan lain bagi mereka kecuali jalan Allah itu. Mereka inilah umat Nabi Muhammad saw.
Berkata Rasulullah saw. berhubungan dengan ayat ini:
هذه أمتي بالحق يحكمون ويأخذون ويعطون
Artinya:
Inilah umatku dengan kebenaran mereka memerintah, menetapkan keputusan-keputusan, mengambil (hak mereka) dan memberikan (hak orang lain).
(H.R Bukhari dan Muslim dalam Sahihain)
Berkata lagi Rasulullah saw.:
لا تزال طائفة من أمتي ظاهرين على الحق لا يضرهم من خذلهم ولا من خالفهم حتى تقوم الساعة
Artinya:
Senantiasa ada segolongan umatku yang menegakkan kebenaran, siapa yang menghina mereka dan menentang mereka tidaklah dapat menyusahkan mereka sehingga hari kiamat.
(H.R Jair, Ibnu Munzir, Abu Syaikh, dari Ibnu Juraij)
Dari hadis-hadis ini dapat ditarik kesimpulan bahwa ijmak ulama menjadi hujah pada setiap masa, dan pada tiap masa itu pasti ada orang-orang yang ahli ijtihad.

10. Thaifah adalah kelompok dalam sebuah firqah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar